Teluk Kiluan Lampung

May 23, 2015


Sebuah tempat yang terkenal di barat Indonesia dengan teluknya yang cantik, serta kesempatan berenang bersama lumba-lumba. Inilah Kiluan, sebuah teluk di Lampung, Pulau Sumatera, Indonesia. Destinasi ini menjadi kali pertama bagi saya menginjakkan kaki di Pulau Sumatera. Perjalanan yang dilakukan tanpa mengambil cuti, saya dan 14 teman lainnya menikmati akhir pekan menyenangkan sekaligus melepas kepenatan dari rutinitas.


Pelabuhan Merak menjadi titik poin pertemuan kami dengan travel yang mengatur perjalanan. Bersama Media Traveler, kami meninggalkan Pulau Jawa sekitar pk00.30 dengan kapal mengarungi lautan menuju ke Lampung, Pulau Sumatera.


23 Mei 2015

Sesampainya di Pelabuhan Bakauheni, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju homestay area Teluk Kiluan. Perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 4 jam dipotong sarapan di tengah perjalanan. Istirahat sejenak di homestay, kemudian tujuan pertama kami adalah Pantai Laguna.

Trekking naik turun bukit mengawali perjalanan menuju Laguna

Inilah pantainya!
Perjalanan menuju Pantai Laguna dilewati dengan naik turun bukit, peluhpun mengucur selama perjalanan. Namun, pantai menjawab kelelahan perjalanan kita. Bau laut dan desiran ombak mengakhiri trekking kami, tapi ternyata ini bukan Pantai Laguna yang dimaksud. Kami masih harus melewati bebatuan yang lebih terjal untuk sampai di Laguna yang dimaksud. Tapi sesampainya disana, cantik! Amat sangat!!



Pantai Laguna, Teluk Kiluan

Tak kuasa melihat jernih air dan kesegarannya, seluruh teman-teman pria langsung menceburkan diri ke dalam teluk. Sayapun akhirnya memberanikan turun. Segar!!

Sepulangnya dari perjalanan tersebut, kami bertemu dengan sekelompok anak-anak yang sedang berkumpul di salah satu saung. Langkah kaki kami terhenti dan memulai percakapan dengan mereka. Ternyata salah satu penduduk menangkap dua ekor ikan yang berukuran cukup besar, dan anak-anak tersebut berkumpul untuk merayakannya.

Kembali ke homestay, kami bersiap untuk menuju sport snorkeling. So, let's move to sea!


Ready for Snorkeling?
Sunset Time

24 Mei 2015

Sarapan kami diawali dengan berburu lumba-lumba, tapi bukan maksudnya kami sarapan lumba-lumba lho! Kami mengarungi samudera luas untuk melihat keluarga lumba-lumba yang sedang bercengkerama di lautan. Kami hanya di atas perahu saja sambil menikmati loncatan lomba-lomba yang muncul dan masuk kembali ke lautan. Sedangkan tour leader kami berani masuk ke dalam laut untuk sekedar mengambil momen tak terlupakan itu.

Setelah puas melihat sekelompok lumba-lumba yang asik berenang di samudera luas, pertanda kami harus mengakhiri perjalanan kami di sini. Sebelum benar-benar berpisah pada Kiluan ini, kami berfoto bersama di gerbang Kiluan.



Di manapun kaki kita melangkah, saya yakin bahwa setiap perjalanan mempunyai ceritanya masing-masing. Serta meninggalkan jejak pada memori setiap petualangnya. So, no regret, just enjoy!


Terima kasih untuk beberapa fotonya Fitriyanto, Ichsan, dan Faturrakhman!
Kiluan Lampung, 23-24 Mei 2015


#catatanperjalanan #emmasabatini #kiluan #lampung #explorelampung


2 comments:

  1. Boleh jg nih buat dimasukin list next trip😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget! Selamat menikmati Teluk Kiluan! :)

      Delete

Powered by Blogger.